Syarat dan ketentuan EN

Syarat dan Ketentuan


Selamat datang di Aplikasi Skorku.


Syarat & Ketentuan di bawah ini mengatur penggunaan layanan yang ditawarkan oleh aplikasi Skorku. Pengguna disarankan untuk membaca dengan seksama karena dapat berdampak kepada hak dan kewajiban Pengguna berdasarkan hukum.
Dengan melakukan registrasi dan/atau menggunakan aplikasi Skorku, maka Pengguna dianggap telah membaca, mengerti, memahami dan menyetujui semua isi dalam Syarat & Ketentuan. Syarat & Ketentuan ini merupakan  kesepakatan yang dituangkan dalam suatu perjanjian yang sah antara Pengguna dengan aplikasi Skorku.  Jika Pengguna tidak menyetujui salah satu, sebagian atau seluruh isi Syarat & Ketentuan, maka Pengguna tidak diperkenankan menggunakan layanan di aplikasi Skorku.


A. Definisi
     1.    Skorku adalah suatu aplikasi seluler yang dimiliki oleh PT. Kredit Biro Indonesia Jaya, suatu perusahaan yang menjalankan kegiatan usahanya sebagai Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (sebagaimana dimaksud dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.5/POJK.3/2022 tentang Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan), yang menyediakan layanan pengecekan data kredit, skor kredit dan lainnya.
     2.    Syarat & Ketentuan adalah perjanjian antara Pengguna dan Skorku yang memuat dan mengatur hak, kewajiban, dan tanggung jawab Pengguna dan Skorku, serta tata cara penggunaan sistem layanan Skorku.
     3.    Pengguna adalah pihak, baik individual atau badan hukum yang mengunjungi aplikasi Skorku serta menggunakan Produk dan Layanan Skorku.
     4.    Produk dan Layanan Skorku adalah informasi, layanan dan/atau dokumen  yang disediakan oleh aplikasi Skorku kepada Pengguna yang telah teregistrasi.
     5.    Feed adalah fitur pada aplikasi Skorku yang menampilkan konten atau informasi terkait promo, produk layanan baik mengenai aplikasi Skorku  atau pihak lainnya yang bermitra dengan Skorku.
     6.    Rekening Resmi Skorku adalah rekening bank yang digunakan Skorku untuk menerima pembayaran atas transaksi pembelian layanan oleh Pengguna di aplikasi Skorku.
 
B. Akun, Saldo Refund, Password dan Keamanan
     1.    Pengguna dengan ini menyatakan bahwa dirinya atau pihaknya adalah cakap dan mampu untuk mengikatkan dirinya atau pihaknya ke dalam suatu perjanjian yang sah berdasarkan hukum.
     2.    Skorku berhak memungut biaya registrasi dan/atau biaya layanan kepada Pengguna.
     3.    Pengguna memahami bahwa 1 (satu) nomor telepon hanya dapat digunakan untuk meregistrasi 1 (satu) akun Pengguna Skorku.
     4.    Pengguna yang telah melakukan registrasi dan lolos proses eKYC berhak untuk mendapatkan informasi atau layanan aplikasi Skorku terkait dengan Pengguna itu sendiri.
     5.    Pengguna wajib untuk menyatakan keabsahan identitasnya yang diberikan melalui persetujuannya kepada Skorku dan bersedia untuk dimintakan verifikasinya. Pengguna bersedia bekerjasama dan/atau bertanggung jawab secara hukum ketika terbukti atau terdapat indikasi memberikan identitas palsu kepada Skorku.
     6.    Skorku tanpa pemberitahuan terlebih dahulu kepada Pengguna, berwenang untuk melakukan tindakan yang diperlukan atas setiap dugaan pelanggaran atau pelanggaran terhadap Syarat & Ketentuan dan/atau ketentuan peraturan perundangan yang berlaku (termasuk tindakan kecurangan dalam bertransaksi atau proses eKYC), yaitu berupa pemblokiran akses terhadap akun Pengguna dan informasi di dalamnya, penghentian pemberian layanan dan melakukan investigasi terhadap dugaan pelanggaran sesuai aturan yang berlaku.
     7.    Pengguna tidak akan, dengan cara apapun atau untuk tujuan apapun,  menggunakan, memodifikasi, membongkar, melakukan kegiatan penggandaan, menjual kembali dan/atau melakukan kegiatan mengeksploitasi lainnya pada sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan dan/atau data aplikasi Skorku, baik yang dioperasikan secara otomatis atau manual, tanpa seizin Skorku.
     8.    Pengguna tidak akan, dengan cara apapun atau untuk tujuan apapun, menggunakan dan/atau mengakses sistem aplikasi Skorku, secara langsung atau tidak langsung, baik keseluruhan atau sebagian, dengan virus, perangkat lunak, atau teknologi lainnya yang dapat melemahkan, merusak, mengganggu atau menghambat, membatasi dan/atau mengambil alih fungsionalitas serta integritas dari sistem perangkat lunak atau perangkat keras, jaringan, dan/atau data pada aplikasi Skorku.
     9.    Pengguna tidak akan menciptakan dan/atau menggunakan perangkat keras/lunak/fitur dan/atau alat lainnya, termasuk namun tidak terbatas pada emulator, robot, macro, crawler dan/atau perangkat otomatis yang bertujuan untuk mengakses atau menggunakan layanan pada sistem aplikasi Skorku, seperti namun tidak terbatas pada : (i) manipulasi data Pengguna; (ii) membuat banyak akun; (iii) memanipulasi perangkat yang bertujuan untuk merugikan Skorku; (iv) kegiatan perambanan (crawling/scraping) atau penyalinan konten; (v) kegiatan otomatisasi dalam transaksi, jual beli, promosi,dan lain sebagainya; (vi) penambahan produk ke etalase aplikasi Skorku; (vii) mengumpulkan (harvest) atau mencuri data Pengguna; (viii) melakukan spamming, mengirimkan komunikasi elektronik dalam jumlah besar, mengirimkan surat berantai; dan/atau (ix) aktivitas lain yang secara wajar dapat dinilai sebagai tindakan manipulasi layanan dan sistem.
     10.    Skorku berwenang untuk melakukan penyesuaian jumlah transaksi, dan/atau melakukan proses moderasi/menutup akun Pengguna, jika diketahui atau diduga adanya kecurangan yang dilakukan oleh Pengguna yang bertujuan untuk memanipulasi data transaksi Pengguna pribadi atau akun pribadi lainnya.
     11.    Saldo refund berasal dari pengembalian dana transaksi (refund) pembelian produk dan layanan oleh Pengguna di aplikasi Skorku.
     12.    Pengguna berhak untuk melakukan perubahan data dirinya sendiri sesuai dengan kebijakan yang ditentukan oleh Skorku. Pengguna harus memastikan bahwa perubahan pada data dirinya telah sesuai dengan dokumen identitas resmi Pengguna dan Pengguna bertanggung jawab secara pribadi atas perubahan yang dilakukan oleh Pengguna. Pengguna menyetujui bahwa setiap perikatan dan tindakan hukum yang terjadi sebelum perubahan data diri Pengguna tetap mengikat Pengguna.
     13.    Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan akun dan password untuk semua aktivitas yang terjadi dalam akun Pengguna.
     14.    Skorku tidak akan meminta username, password maupun kode SMS verifikasi atau kode OTP milik akun Pengguna untuk alasan apapun, oleh karena itu Skorku menghimbau Pengguna agar tidak memberikan data tersebut maupun data penting lainnya kepada pihak yang mengatasnamakan Skorku atau pihak lain yang tidak dapat dijamin keamanannya.
     15.    Pengguna setuju untuk memastikan bahwa Pengguna keluar dari akun di akhir setiap sesi dan memberitahu Skorku jika ada penggunaan tanpa izin atas sandi atau akun Pengguna.
     16.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Skorku tidak bertanggung jawab atas kerugian ataupun kendala yang timbul atas penyalahgunaan akun Pengguna yang diakibatkan oleh kelalaian Pengguna sendiri, termasuk namun tidak terbatas pada menyetujui dan/atau memberikan akses masuk akun yang dikirimkan oleh Skorku melalui pesan notifikasi kepada pihak lain melalui perangkat Pengguna, meminjamkan akun kepada pihak lain, mengakses link atau tautan yang diberikan oleh pihak lain, memberikan atau memperlihatkan kode verifikasi (OTP), password atau email kepada pihak lain, maupun kelalaian Pengguna lainnya yang mengakibatkan kerugian ataupun kendala pada akun Pengguna.
     17.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk mempergunakan fasilitas keamanan one time password (OTP) maka penyedia jasa telekomunikasi terkait dapat sewaktu-waktu mengenakan biaya kepada Pengguna sesuai dengan peraturan perundang-undang perpajakan yang berlaku di Indonesia.
     18.    Pengguna dilarang mempromosikan barang atau jasa lain  dengan menggunakan fasilitas ulasan produk atau media diskusi lainnya dalam ruang lingkup aplikasi Skorku  yang dapat mengganggu kenyamanan Pengguna lain.
 
C. Transaksi Penggunaan
     1.    Pengguna wajib bertransaksi melalui prosedur transaksi yang telah ditetapkan oleh Skorku. Pengguna melakukan pembayaran dengan menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah dipilih oleh Pengguna melalui aplikasi Skorku.
     2.    Saat menggunakan Produk dan Layanan Skorku pada aplikasi Skorku, Pengguna memahami dan menyetujui bahwa:
           1.    Pengguna bertanggung jawab untuk membaca, memahami, dan menyetujui informasi/deskripsi keseluruhan Produk dan Layanan Skorku (termasuk di dalamnya namun tidak terbatas pada isi, kualitas, fungsi, dan lainnya) sebelum membuat komitmen untuk membeli.
           2.    Pengguna menjadi pihak dalam suatu kontrak yang mengikat secara hukum untuk membeli Produk dan  Layanan Skorku melalui aplikasi Skorku.
      3.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala transaksi atau aktivitas yang dilakukan antara Pengguna dengan pihak yang bermitra dengan Skorku selain melalui Rekening Resmi Skorku dan/atau tanpa sepengetahuan Skorku (melalui fasilitas/jaringan pribadi, pengiriman pesan, pengaturan transaksi khusus diluar aplikasi Skorku atau upaya lainnya) adalah sepenuhnya merupakan tanggung jawab pribadi dari Pengguna.
     4.    Skorku berwenang sepenuhnya untuk menolak pembayaran tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
     5.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dengan menggunakan aplikasi Skorku pada saat Pengguna melakukan verifikasi diri atau meminta sebuah produk/layanan, Skorku dimungkinkan untuk meneruskan data informasi Pengguna kepada pihak yang bermitra dengan Skorku untuk tujuan pemenuhan layanan tersebut.
     6.    Pengguna wajib melakukan pembayaran dengan metode pembayaran yang dipilih dengan nominal yang sesuai dengan jumlah tagihan beserta kode unik (apabila ada) yang tertera pada halaman pembayaran. Skorku tidak bertanggung jawab atas kerugian yang dialami Pengguna, apabila Pengguna melakukan pembayaran yang tidak sesuai dengan jumlah tagihan yang tertera pada halaman pembayaran.
     7.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa masalah keterlambatan proses pembayaran dan biaya tambahan yang disebabkan oleh perbedaan bank yang Pengguna gunakan dengan bank Rekening Resmi Skorku adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
     8.    Pengembalian dana (refund) dari Skorku kepada Pengguna hanya dapat dilakukan jika dalam keadaan-keadaan tertentu berikut ini:
          1.    Kelebihan pembayaran dari Pengguna atas harga paket langganan,
          2.    Skorku tidak dapat memenuhi permintaan layanan Pelanggan dikarenakan alasan teknis atau kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.
          3.    Penyelesaian permasalahan melalui layanan pelanggan (customer service) berupa keputusan untuk pengembalian dana kepada Pengguna atau hasil keputusan dari pihak Skorku.
     9.    Apabila terjadi proses pengembalian dana, maka pengembalian akan dilakukan melalui saldo refund milik Pengguna yang akan bertambah sesuai dengan jumlah pengembalian dana. Jika Pengguna menggunakan pilihan metode pembayaran kartu kredit maka pengembalian dana akan merujuk pada ketentuan bagian G. Kartu Kredit.
     10.    Pengguna menyetujui untuk tidak memberitahukan atau menyerahkan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran kepada pihak lain selain Skorku. Dalam hal terjadi kerugian akibat pemberitahuan atau penyerahan bukti pembayaran dan/atau data pembayaran oleh Pengguna kepada pihak lain, maka hal tersebut akan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Pengguna.
     11.    Skorku berwenang mengambil keputusan atas permasalahan-permasalahan transaksi yang belum terselesaikan akibat tidak adanya kesepakatan penyelesaian dengan melihat bukti-bukti yang ada. Keputusan Skorku adalah keputusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat para pihak untuk mematuhinya.
 
D. Transaksi Penjualan
     1.    Skorku dalam menyediakan produk dan layanannya bergantung pada keakurasian data dari berbagai sumber datanya.
     2.    Skorku tidak diperkenankan secara hukum untuk merubah data yang diperolehnya dari sumber datanya.
     3.    Jika terjadi ketidaksesuaian antara data yang disediakan oleh sumber data kepada Skorku, Pengguna dapat mengajukan permohonan perbaikan data langsung kepada sumber data terkait.
     4.    Skorku hanya dapat memfasilitasi masalah ketidaksesuaian data sesuai kapasitasnya berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.
     5.    Skorku memberikan contoh dan informasi Produk dan Layanan Skorku dari waktu ke waktu untuk tujuan memberikan gambaran kepada Pelanggan.  Apabila terdapat ketidaksesuaian antara contoh dengan informasi produk akhir yang diterima oleh Pengguna, hal tersebut dapat saja disebabkan oleh ketersediaan data atau hal-hal teknis lainnya di luar kendali Skorku.
     6.    Mitra usaha Skorku memahami dan menyetujui bahwa dengan menerima data informasi Pengguna yang diperoleh melalui aplikasi Skorku, mitra usaha Skorku wajib untuk menjaga kerahasiaan dan dilarang menyalahgunakan data informasi Pengguna dalam bentuk apapun. Skorku berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan investigasi dan memberikan sanksi terhadap dugaan atau laporan penyalahgunaan data Pengguna.
     7.    Skorku berwenang untuk menunda sementara pemberian layanan, demi memastikan keakuratan produk sebatas kapasitasnya yang diperbolehkan oleh peraturan perundangan yang berlaku.
     8.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa seluruh pajak sehubungan dengan transaksi, akan dilaporkan dan diurus sendiri oleh masing-masing pihak sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
 
E. Harga
     1.    Dengan melakukan pemesanan Produk dan Layanan Skorku melalui Skorku, Pengguna menyetujui untuk membayar total biaya yang harus dibayarkan sebagaimana tertera dalam halaman pembayaran, yang terdiri dari harga jasa/layanan, pajak, dan biaya-biaya lain yang mungkin timbul dan akan diuraikan dalam halaman pembayaran. Pengguna setuju untuk melakukan pembayaran melalui metode pembayaran yang telah dipilihnya sebelumnya.
     2.    Aplikasi Skorku pada saat ini hanya melayani transaksi jual beli dalam mata uang Rupiah.
 
F. Konten
     1.    Dalam menggunakan setiap fitur dan/atau layanan Skorku, Pengguna dilarang untuk mengunggah atau mempergunakan kata-kata, komentar, gambar, video atau konten apapun yang mengandung unsur SARA, diskriminasi, merendahkan atau menyudutkan orang lain, vulgar, bersifat ancaman, beriklan atau melakukan promosi aplikasi lain pada ranah aplikasi Skorku, atau hal-hal lain yang dapat dianggap tidak sesuai dengan nilai dan norma sosial maupun berdasarkan kebijakan yang ditentukan sendiri oleh Skorku. Skorku berhak melakukan tindakan yang diperlukan atas pelanggaran ketentuan ini, antara lain penghapusan konten, pemblokiran akun, dan lain-lain.
     2.    Pengguna dengan ini memahami dan menyetujui bahwa foto, gambar, komentar atau informasi yang diunggah oleh Pengguna adalah tanggung jawab Pengguna secara pribadi.
     3.    Pengguna menjamin bahwa tidak melanggar hak kekayaan intelektual dalam mengunggah komentar atau konten Pengguna ke dalam aplikasi Skorku. Setiap Pengguna dengan ini bertanggung jawab secara pribadi atas pelanggaran hak kekayaan intelektual dalam mengunggah konten di aplikasi Skorku.
     4.    Meskipun Skorku mencoba untuk menawarkan informasi yang dapat diandalkan, Skorku tidak bisa menjanjikan akan selalu akurat dan terbarui, dan Pengguna setuju bahwa Pengguna tidak akan meminta Skorku dan PT. Kredit Biro Indonesia Jaya bertanggungjawab informasi yang tidak akurat dan terbarui sebagai akibat terjadinya ketimpangan data yang berasal dari sumber data.
     5.    Konten atau materi yang akan ditampilkan atau ditayangkan pada aplikasi Skorku akan tunduk pada Syarat dan Ketentuan ini, peraturan perundangan, serta etika pariwara yang berlaku.
 
G. Kartu Kredit
     1.    Pengguna dapat memilih untuk mempergunakan pilihan metode pembayaran menggunakan kartu kredit untuk transaksi penggunaan Produk dan Layanan melalui aplikasi Skorku.
     2.    Transaksi penggunaan Produk dan Layanan Skorku dengan menggunakan kartu kredit dapat dilakukan untuk transaksi dengan nilai total belanja minimal Rp50.000 (lima puluh ribu rupiah).
     3.    Pengguna dilarang untuk mempergunakan metode pembayaran kartu kredit di luar peruntukannya sebagai alat pembayaran.
     4.    Apabila terdapat transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar hukum dan/atau Syarat dan Ketentuan ini, Skorku berwenang untuk menahan dana transaksi selama diperlukan oleh Skorku, pihak Bank, maupun mitra payment gateway terkait untuk melakukan investigasi yang diperlukan, sekurang-kurangnya 14 (empat belas) hari.
     5.    Dalam proses verifikasi yang dilakukan oleh mitra bank dan/atau mitra payment gateway, Pengguna akan dihubungi oleh mitra bank dan/atau mitra payment gateway. jika Pengguna tidak melakukan penyangkalan atau pembatalan terhadap verifikasi tersebut, maka Skorku tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna.
     6.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna bertanggung jawab secara pribadi untuk menjaga kerahasiaan dan/atau keamanan data kartu kredit miliknya dengan cara menjaga kerahasiaan nomor kartu kredit, kode CVV kartu kredit, dan kode SMS verifikasi atau kode SMS OTP (One-time Password) yang telah dikirimkan oleh pihak bank saat melakukan transaksi.
     7.    Apabila transaksi pada aplikasi Skorku tidak berhasil dan/atau dibatalkan, maka tagihan atas transaksi tersebut akan dibatalkan dan dana transaksi akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna di tagihan berikutnya.  Ketentuan pada ayat ini tidak berlaku untuk transaksi dengan menggunakan kartu kredit yang melanggar hukum dan/atau Syarat dan Ketentuan ini.
     8.    Apabila seluruh transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut akan dikembalikan ke limit kartu kredit Pengguna. Namun apabila hanya sebagian transaksi dalam satu pembayaran yang menggunakan kartu kredit dibatalkan, maka biaya layanan tersebut tidak akan ikut serta dikembalikan.
 
H. Promo
     1.    Skorku sewaktu-waktu dapat mengadakan kegiatan promosi (selanjutnya disebut sebagai “Promo”) dengan syarat dan ketentuan yang mungkin berbeda pada masing-masing kegiatan Promo. Pengguna dihimbau untuk membaca dengan seksama syarat dan ketentuan Promo tersebut.
     2.    Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Skorku untuk mengikuti setiap Promo. Jika ditemukan pembuatan lebih dari 1 (satu) akun oleh 1 (satu) Pengguna yang mempunyai informasi akun yang sama dan/atau identitas pembayaran yang sama, maka Pengguna tidak berhak mendapatkan manfaat dari Promo.
     3.    Pengguna wajib memastikan nomor handphone yang sudah terverifikasi aktif pada saat melakukan transaksi pada aplikasi Skorku. Jika terjadi perubahan nomor handphone pada akun Skorku Pengguna karena nomor sebelumnya sudah tidak aktif, maka Pengguna tidak akan mendapatkan cashback atau melakukan verifikasi.
     4.    Skorku berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menutup  akun, serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan ini dan ketentuan peraturan perundangan yang berlaku di wilayah negara Indonesia.
 
I. Pengiriman Produk dan Layanan
     1.    Pengiriman Produk dan Layanan Skorku hanya tersedia melalui jalur elektronik yaitu melalui email terdaftar Pelanggan atau melalui inbox Pengguna.
     2.    Pengguna memahami dan menyetujui penggunaan PIN atau password untuk membuka Produk dan Layanan Skorku untuk tujuan keamanan Pengguna.
     3.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap permasalahan yang terjadi pada saat proses pengiriman produk, layanan, OTP dan lainnya melalui email, sms atau Whatsapp adalah merupakan tanggung jawab operator penyedia jasa terkait.
     4.    Skorku tidak melayani pengiriman Produk dan layanan Skorku dalam bentuk fisik di luar aplikasi Skorku.
 
J. Layanan Pelanggan
     1.    Layanan Pelanggan adalah fitur yang disediakan oleh Skorku untuk memfasilitasi penyelesaian masalah Pengguna terkait aplikasi Skorku.
     2.    Penyelesaian permasalahan melalui Layanan Pelanggan dapat berupa solusi yang dihasilkan berdasarkan kesepakatan bersama antara Pengguna dan Skorku.
     3.    Pengguna menyetujui bahwa Skorku berwenang untuk mengambil keputusan atas permasalahan dengan melihat bukti-bukti yang ada dan/atau bukti-bukti baru yang harus dilengkapi masing-masing pihak.
     4.    Atas keputusan pertama Skorku diatas, Pengguna memiliki hak untuk banding, dengan persyaratan bahwa mengajukan upaya banding harus mengajukan bukti baru di luar dari bukti-bukti sebelumnya.
     5.    Pengguna dengan ini menyetujui bahwa Keputusan Skorku atas upaya banding adalah putusan akhir yang tidak dapat diganggu gugat dan mengikat para pihak untuk mematuhinya.
     6.    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam penyelesaian permasalahan di Layanan Pelanggan, Pengguna wajib memberikan tanggapan atas masalah yang ada hingga selesai dengan mematuhi ketentuan dan batas waktu sebagaimana yang telah ditentukan pihak Skorku pada diskusi terkait.
     7.    Layanan Pelanggan Skorku dapat dihubungi melalui nomor 085591199999 (via Whatsapp)
     8.    Pengguna dapat memberikan akses kepada Skorku untuk menyimpan nomor Skorku ke perangkat Pengguna melalui notifikasi yang muncul setelah Pengguna mengajukan komplain/keluhan pada halaman Skorku. Pengguna memahami dan menyetujui bahwa pemberian akses kepada Skorku dalam menyimpan nomor Skorku bertujuan untuk mempermudah Pengguna mengenali kontak Skorku.
 
K. Ketentuan Lain
     1.    Apabila Pengguna mempergunakan fitur/layanan yang tersedia dalam aplikasi Skorku, maka Pengguna dengan ini menyatakan memahami dan menyetujui segala syarat dan ketentuan yang diatur khusus sehubungan dengan fitur/layanan yang digunakan.
     2.    Segala hal yang belum dan/atau tidak diatur dalam syarat dan ketentuan khusus dalam fitur tersebut akan sepenuhnya merujuk pada Syarat dan Ketentuan ini.
     3.    Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini, maka Pengguna telah dianggap tunduk pada Kebijakan Privasi Skorku.
 
L. Penolakan Jaminan Dan Batasan Tanggung Jawab


Skorku adalah aplikasi seluler yang menyediakan layanan kepada Pengguna untuk dapat mengakses dan memperoleh Informasi Perkreditan atas dirinya sendiri. Informasi Perkreditan tersebut adalah merupakan hasil pengolahan berbagai macam data dari berbagai sumber data seperti Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang dikelola oleh OJK, yang berisikan data-data yang dilaporkan Lembaga Keuangan, serta sumber-sumber data lainnya, sehingga Pengguna memahami bahwa batasan tanggung jawab Skorku secara proporsional adalah sebagai platform penyedia informasi perkreditan. 


Skorku akan selalu berupaya untuk menjaga Produk dan Layanan Skorku aman, nyaman, dan berfungsi dengan baik, namun tidak dapat menjamin operasi atau akses terus-menerus tanpa interupsi atau gangguan. Informasi dan data dalam aplikasi Skorku memiliki kemungkinan tidak terjadi secara real time.
Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dalam menggunakan  Produk dan Layanan Skorku, terdapat risiko yang dihadapi oleh Pengguna sendiri, dan oleh karenanya Produk dan Layanan Skorku diberikan "SEBAGAIMANA ADANYA" dan "SEBAGAIMANA TERSEDIA".


Sepanjang diperbolehkan oleh ketentuan peraturan perundangan yang berlaku, Skorku (termasuk induk perusahaan, pemegang saham, pengurus , dan karyawannya) tidak bertanggung jawab, dan Pengguna memahami dan menyetujui untuk tidak menuntut Skorku untuk bertanggung jawab, atas segala kerusakan atau kerugian (termasuk namun tidak terbatas pada hilangnya uang, reputasi, keuntungan, atau kerugian tak berwujud lainnya) yang diakibatkan secara langsung atau tidak langsung dari :

  • Penggunaan atau ketidakmampuan Pengguna dalam menggunakan Produk dan Layanan Skorku.
  • Harga atau petunjuk lain yang tersedia dalam layanan Skorku.
  • Keterlambatan atau gangguan dalam pemberian layanan aplikasi Skorku.
  • Kelalaian dan kerugian yang ditimbulkan oleh masing-masing Pengguna.
  • Kualitas Produk dan Layanan.
  • Penyampaian Produk dan Layanan.
  • Pelanggaran Hak atas Kekayaan Intelektual.
  • Perselisihan antar Pengguna.
  • Pencemaran nama baik pihak lain.
  • Setiap penyalahgunaan Produk dan Layanan yang sudah dibeli Pengguna.
  • Kerugian akibat pembayaran tidak resmi kepada pihak lain selain ke Rekening Resmi Skorku, yang dengan cara apapun mengatasnamakan Skorku ataupun kelalaian penulisan rekening dan/atau informasi lainnya dan/atau kelalaian pihak bank.
  • Gangguan, bug, kesalahan atau ketidakakuratan apapun dalam aplikasi Skorku.
  • Kerusakan pada perangkat keras Pengguna sebagai akibat dari penggunaan aplikasi Skorku.
  • Isi, tindakan, atau tidak adanya tindakan dari pihak ketiga, termasuk terkait dengan Produk dan Layanan dalam aplikasi Skorku yang diduga palsu.
  • Tindak penegakan yang diambil sehubungan dengan akun Pengguna.
  • Adanya tindakan peretasan yang dilakukan oleh pihak ketiga kepada akun Pengguna.

M. Pelepasan
Apabila Pengguna bersengketa dengan satu atau lebih sumber data, Pengguna akan melepaskan Skorku (termasuk induk perusahaan, pemegang saham, pengurus, dan karyawannya) dari klaim dan tuntutan atas kerusakan dan kerugian (aktual dan tersirat) dari setiap jenis dan sifatnya, yang dikenal dan tidak dikenal, yang timbul dari atau dengan cara apapun berhubungan dengan sengketa tersebut. Pengguna akan mengesampingkan perlindungan hukum (yang diatur dalam peraturan perundangan yang berlaku) yang akan membatasi cakupan ketentuan pelepasan ini.
 
N. Ganti Rugi
Pengguna akan melepaskan Skorku (termasuk induk perusahaan, pemegang saham, direktur, dan karyawannya) dari tuntutan ganti rugi, klaim atau tuntutan, termasuk biaya hukum yang wajar, yang dilakukan oleh pihak ketiga sebagai akibat Pengguna melanggar ketentuan Syarat dan Ketentuan ini, penggunaan Layanan Skorku yang tidak semestinya dan/ atau pelanggaran Pelanggaran terhadap hukum atau hak-hak pihak ketiga.
 
O. Pilihan Hukum
Syarat dan Ketentuan ini diatur oleh dan ditafsirkan berdasarkan hukum Republik Indonesia, tanpa memperhatikan pertentangan aturan hukum. Pengguna setuju bahwa tindakan hukum apapun atau sengketa yang mungkin timbul dari, berhubungan dengan, atau berada dalam cara apapun berhubungan dengan aplikasi Skorku dan/atau Syarat dan Ketentuan ini akan diselesaikan secara eksklusif dalam yurisdiksi pengadilan Republik Indonesia.
 
P. Perubahan dan Pembaharuan
Syarat dan Ketentuan ini dapat diubah dan/atau diperbaharui dari waktu ke waktu tanpa pemberitahuan sebelumnya. Skorku menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa setiap halaman dari Syarat & Ketentuan ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan aplikasi Skorku, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Syarat & Ketentuan ini.
 
Q. Biaya Layanan
Biaya Layanan adalah biaya yang dikenakan kepada Pengguna untuk tujuan pemeliharaan sistem dan peningkatan layanan dalam bertransaksi melalui aplikasi Skorku.