Kebijakan Privacy

A. Perolehan dan Pengumpulan Data Pribadi Pengguna


Skorku mengumpulkan data pribadi Pengguna dengan tujuan untuk memproses transaksi Pengguna, mengelola dan memperlancar proses penggunaan Aplikasi, serta tujuan-tujuan lainnya yang diperbolehkan  oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Adapun data-data Pengguna yang dikumpulkan adalah sebagai berikut:

1.    Data yang diserahkan secara mandiri oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas pada data yang diserahkan pada saat Pengguna:

     1. membuat atau memperbarui akun Skorku, termasuk diantaranya nama pengguna (username), alamat email, nomor telepon, password, alamat, foto, dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna;
     2. melakukan verifikasi diri, termasuk diantaranya Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).
     3. menghubungi Skorku, termasuk melalui layanan pelanggan (customer service);
     4. mengisi survei yang dikirimkan oleh Skorku atau pihak lain yang ditunjuk secara resmi untuk mewakili Skorku;
     5. melakukan interaksi dengan Pengguna lainnya melalui fitur pesan, diskusi produk dan layanan, ulasan, rating, layanan pelanggan dan fitur interaktif (baik satu atau dua arah) lainnya yang terdapat dalam Aplikasi;
     6. mempergunakan layanan-layanan pada Aplikasi, termasuk data transaksi yang detail, diantaranya jenis, jumlah dan/atau keterangan dari produk dan layanan atau layanan yang dibeli, alamat pengiriman, saluran pembayaran yang digunakan, jumlah transaksi, tanggal dan waktu transaksi, serta detil transaksi lainnya;
     7. mengisi data-data pembayaran pada saat Pengguna melakukan aktivitas transaksi pembayaran melalui Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada data rekening bank, kartu kredit, virtual account, instant payment, internet banking, gerai ritel; dan/atau
     8. mengisi data-data detail mengenai alamat email pengiriman (untuk Pembeli), termasuk namun tidak terbatas pada data alamat lengkap, titik koordinat lokasi berupa longitude latitude, nomor telepon, dan nama yang tercantum saat melakukan penyimpanan data di Skorku.
     9. menggunakan fitur pada Aplikasi yang membutuhkan izin akses ke data yang relevan yang tersimpan dalam perangkat Pengguna.

2. Data yang terekam pada saat Pengguna mempergunakan Aplikasi, termasuk namun tidak terbatas pada:
     1. data lokasi riil atau perkiraannya seperti alamat IP, lokasi Wi-Fi dan geo-location;
     2. data berupa waktu dari setiap aktivitas Pengguna sehubungan dengan penggunaan Aplikasi, termasuk waktu pendaftaran, login dan transaksi;
     3. data penggunaan atau preferensi Pengguna, diantaranya interaksi Pengguna dalam menggunakan Aplikasi, pilihan yang disimpan, serta pengaturan yang dipilih. Data tersebut diperoleh menggunakan cookies, pixel tags, dan teknologi serupa yang menciptakan dan mempertahankan pengenal unik (unique identification);
     4. data perangkat, diantaranya jenis perangkat yang digunakan untuk mengakses Aplikasi, termasuk model perangkat keras, sistem operasi dan versinya, perangkat lunak, nomor IMEI, nama file dan versinya, pilihan bahasa, pengenal perangkat unik, pengenal iklan, nomor seri, informasi gerakan perangkat, dan/atau informasi jaringan seluler; dan/atau
     5. data catatan (log), diantaranya catatan pada server yang menerima data seperti alamat IP perangkat, tanggal dan waktu akses, fitur aplikasi atau laman yang dilihat, proses kerja aplikasi dan aktivitas sistem lainnya, jenis peramban (browser), dan/atau aplikasi atau layanan pihak ketiga yang Pengguna gunakan sebelum berinteraksi dengan Aplikasi.

3. Data yang diperoleh dari sumber lain, termasuk namun tidak terbatas pada:
     1. data berupa geo-location (GPS) dari mitra usaha Skorku yang turut membantu Skorku dalam mengembangkan dan menyajikan layanan-layanan dalam Aplikasi kepada Pengguna, antara lain mitra penyedia layanan pembayaran, infrastruktur aplikasi, dan mitra-mitra lainnya.
     2. data berupa email, nomor telepon, nama, gender, dan/atau tanggal lahir dari mitra usaha Skorku tempat Pengguna membuat atau mengakses akun Skorku, seperti layanan media sosial, atau aplikasi/aplikasi yang menggunakan application programming interface (API) Skorku atau yang digunakan Skorku;
     3. data dari penyedia layanan finansial, termasuk namun tidak terbatas pada lembaga atau biro pemeringkat atau Lembaga Pengelola Informasi Perkreditan (LPIP);
     4. data dari penyedia layanan finansial (apabila Pengguna menggunakan fitur spesifik seperti mengajukan pinjaman melalui Aplikasi/Aplikasi Skorku); dan/atau
     5. data berupa email dari penyedia layanan pemasaran.
Skorku dapat menggabungkan data yang diperoleh dari sumber tersebut dengan data lain yang dimilikinya.
 
B. Penggunaan Data Pribadi


Skorku dapat menggunakan data pribadi yang diperoleh dan dikumpulkan dari Pengguna sebagaimana disebutkan dalam bagian A di atas untuk tujuan-tujuan sebagai berikut:
1. Memproses segala bentuk permintaan, aktivitas maupun transaksi yang dilakukan oleh Pengguna melalui Aplikasi, termasuk untuk keperluan pengiriman produk dan layanan kepada Pengguna.
2. Penyediaan fitur-fitur untuk memberikan, mewujudkan, memelihara dan memperbaiki produk dan layanan Skorku, termasuk:
      1. menawarkan, memperoleh, menyediakan, atau memfasilitasi layanan marketplace seperti laman beranda, penelusuran, pencarian, iklan , rekomendasi produk dan layanan, Skorku Feed, asuransi, pembiayaan, pinjaman, maupun produk dan layanan lainnya melalui Aplikasi;
     2. memungkinkan fitur untuk   akun Skorku Pengguna yang dipersonalisasi (personalized) dan/atau
     3. melakukan kegiatan internal yang diperlukan untuk menyediakan layanan pada aplikasi/aplikasi Skorku, seperti pemecahan masalah software, bug, permasalahan operasional, melakukan analisis data, pengujian, dan penelitian, dan untuk memantau dan menganalisis kecenderungan penggunaan dan aktivitas.
3. Membantu Pengguna pada saat berkomunikasi dengan layanan pelanggan (customer service) Skorku, diantaranya untuk:
     1. memeriksa dan mengatasi permasalahan Pengguna;
     2. mengarahkan pertanyaan Pengguna kepada petugas layanan pelanggan (customer service) yang tepat untuk mengatasi permasalahan;
     3. mengawasi dan memperbaiki tanggapan layanan pelanggan Skorku;
     4. menghubungi Pengguna melalui email, surat, telepon, dan metode komunikasi lainnya, termasuk namun tidak terbatas, untuk membantu dan/atau menyelesaikan proses transaksi maupun proses penyelesaian kendala, serta menyampaikan berita atau notifikasi lainnya sehubungan dengan perlindungan data poribadi Pengguna oleh Skorku, termasuk kegagalan perlindungan data pribadi Pengguna;
     5. menggunakan informasi yang diperoleh dari Pengguna untuk tujuan penelitian, analisis, pengembangan dan pengujian produk dan layanan guna meningkatkan keamanan layanan-layanan pada Aplikasi, serta mengembangkan fitur dan produk dan layanan baru; dan
     6. menginformasikan kepada Pengguna terkait produk dan layanan, layanan, promosi, studi, survei, berita, perkembangan terbaru, acara dan informasi lainnya, baik melalui Aplikasi maupun melalui media lainnya. Skorku juga dapat menggunakan informasi tersebut untuk mempromosikan dan memproses kontes dan undian, memberikan hadiah, serta menyajikan iklan dan konten yang relevan tentang layanan Skorku dan mitra usahanya.
4. Melakukan monitoring ataupun investigasi terhadap transaksi-transaksi mencurigakan atau transaksi yang terindikasi mengandung unsur kecurangan atau pelanggaran terhadap Syarat dan Ketentuan atau aturan hukum yang berlaku, serta melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan sebagai tindak lanjut dari hasil monitoring atau investigasi transaksi tersebut.
5. Dalam keadaan tertentu, Skorku mungkin perlu untuk menggunakan ataupun mengungkapkan data pribadi Pengguna untuk tujuan penegakan hukum atau untuk pemenuhan persyaratan dan kewajiban berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, termasuk dalam hal terjadinya sengketa atau proses hukum antara Pengguna dan Skorku, atau dugaan tindak pidana seperti penipuan atau pencurian data.
6. Pemenuhan persyaratan dan kewajiban berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku sehubungan dengan aspek perpajakan di Indonesia.
7. Memfasilitasi transaksi penggabungan, penjualan aset perusahaan, konsolidasi atau restrukturisasi, pembiayaan atau akuisisi yang melibatkan Skorku.
 
C. Pengungkapan Data Pribadi Pengguna


1. Skorku berkomitmen untuk menjaga kerahasiaan data pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Skorku dan menjamin tidak ada pengungkapan, penjualan, pengalihan, distribusi dan/atau peminjaman Data Pribadi Pengguna kepada pihak ketiga manapun, tanpa persetujuan dari Pengguna, kecuali dalam hal-hal sebagai berikut:
      1. dibutuhkan adanya pengungkapan data pribadi Pengguna kepada mitra atau pihak ketiga lain yang membantu Skorku dalam menyajikan layanan yang tersedia atau layanan yang di kemudian hari akan tersedia pada Aplikasi dan memproses segala bentuk aktivitas Pengguna dalam Aplikasi, termasuk memproses transaksi, verifikasi pembayaran, promosi, dan pengiriman produk dan layanan.
      2. Skorku dapat memberikan data pribadi Pengguna kepada mitra usaha sesuai dengan persetujuan Pengguna untuk menggunakan layanan mitra usaha, termasuk diantaranya aplikasi atau aplikasi lain yang telah saling mengintegrasikan API atau layanannya, atau mitra usaha yang telah bekerjasama dengan Skorku untuk menyelenggarakan promosi, perlombaan, atau layanan khusus yang tersedia pada Aplikasi.
      3. Skorku dapat memberikan data pribadi Pengguna kepada pihak ketiga yang menggunakan dan mengintegrasikan API publik yang disediakan oleh Skorku (termasuk namun tidak terbatas pada penyedia layanan mitra usaha Skorku) dengan aplikasi atau aplikasi yang dioperasikannya untuk kepentingan penyelesaian transaksi antara Pembeli dan Penjual pada Aplikasi atau tujuan penggunaan data pribadi lainnya yang telah disebutkan pada Bagian B Kebijakan Privasi ini.
     4. dibutuhkan adanya komunikasi antara mitra usaha Skorku (seperti penyedia layanan eKYC, OTP dan penyedia fitur atau fasilitas layanan lainnya) dengan Pengguna dalam hal penyelesaian kendala maupun hal-hal lainnya.
     5. Skorku dapat memberikan data pribadi Pengguna kepada vendor, konsultan, mitra pemasaran, firma/lembaga riset, atau penyedia layanan sejenis dalam rangka kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh pihak ketiga, peningkatan dan pemeliharan kualitas layanan Skorku, serta kegiatan publikasi lainnya.
     6. Pengguna menghubungi Skorku melalui media publik seperti blog, media sosial, dan fitur tertentu pada Aplikasi, yang mana komunikasi antara Pengguna dan Skorku tersebut dapat dilihat dan diketahui oleh khalayak ramai.
     7. Skorku dapat memberikan data pribadi Pengguna kepada anak perusahaan dan afiliasinya untuk membantu memberikan layanan atau melakukan pengolahan data untuk dan atas nama Skorku.
     8. Skorku dapat mengungkapkan dan/atau memberikan data pribadi Pengguna kepada pihak-pihak yang berkepentingan dalam rangka pelaksanaan analisis kelayakan kredit Pengguna.
     9. Skorku mengungkapkan data pribadi Pengguna dalam upaya mematuhi kewajiban hukum dan/atau adanya permintaan yang sah dari aparat penegak hukum atau instansi pemerintah yang berwenang.


2. Sehubungan dengan pengungkapan data pribadi Pengguna sebagaimana dijelaskan di atas, Skorku akan/mungkin perlu mengungkapkan data pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait Skorku, dan/atau pihak ketiga lainnya yang berlokasi di luar wilayah Indonesia. Meskipun demikian, penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan terkait dan/atau pihak ketiga lainnya tersebut hanya akan mengelola dan/atau memanfaatkan data pribadi Pengguna sehubungan dengan satu atau lebih tujuan sebagaimana diatur dalam Kebijakan Privasi ini dan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
 
D. Cookies

1. Cookies adalah file kecil yang secara otomatis akan mengambil tempat di dalam perangkat Pengguna yang menjalankan fungsi dalam menyimpan preferensi maupun konfigurasi Pengguna selama mengunjungi suatu aplikasi.
2. Cookies tersebut tidak diperuntukkan untuk digunakan pada saat melakukan akses data lain Pengguna di perangkat  Pengguna, selain dari yang telah Pengguna setujui untuk disampaikan.
3. Walaupun secara otomatis perangkat komputer Pengguna akan menerima cookies, Pengguna dapat menentukan pilihan untuk melakukan modifikasi melalui pengaturan browser Pengguna yaitu dengan memilih untuk menolak cookies (pilihan ini dapat menghambat tersedianya layanan Skorku secara optimal pada saat Pengguna mengakses Aplikasi).
4. Skorku menggunakan fitur Google Analytics Demographics and Interest. Data yang Skorku peroleh dari fitur tersebut, seperti umur, jenis kelamin, minat Pengguna dan informasi lainnya yang dapat mengidentifikasi Pengguna, akan Skorku gunakan untuk pengembangan fitur, fasilitas, dan/atau konten yang terdapat pada Aplikasi Skorku. Jika Pengguna tidak ingin data miliknya terlacak oleh Google Analytics, Pengguna dapat menggunakan Add-On Google Analytics Opt-Out Browser.
5. Skorku dapat menggunakan fitur-fitur yang disediakan oleh pihak ketiga dalam rangka meningkatkan layanan dan konten Skorku, termasuk diantaranya ialah penilaian, penyesuaian, dan penyajian iklan kepada setiap Pengguna berdasarkan minat atau riwayat kunjungan. Jika Pengguna tidak ingin iklan ditampilkan berdasarkan penyesuaian tersebut, maka Pengguna dapat mengaturnya melalui browser.
 
E. Pilihan Pengguna dan Transparansi

1. Perangkat seluler pada umumnya (iOS dan Android) memiliki pengaturan sehingga aplikasi Skorku tidak dapat mengakses data tertentu tanpa persetujuan dari Pengguna. Perangkat iOS akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Skorku pertama kali meminta akses terhadap data tersebut, sedangkan perangkat Android akan memberikan pemberitahuan kepada Pengguna saat aplikasi Skorku pertama kali dimuat. Dengan menggunakan aplikasi dan memberikan akses terhadap aplikasi, Pengguna dianggap memberikan persetujuannya terhadap pengumpulan dan penggunaan Data Pribadi Pengguna dalam perangkatnya.
2. Setelah transaksi jual beli melalui Aplikasi berhasil, Penjual maupun Pembeli (sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan) memiliki kesempatan untuk memberikan penilaian dan ulasan terhadap satu sama lain. Informasi ini mungkin dapat dilihat secara publik dengan persetujuan Pengguna.
3. Pengguna dapat mengakses dan mengubah informasi berupa alamat email, nomor telepon, tanggal lahir, jenis kelamin, daftar alamat, metode pembayaran, dan rekening bank melalui fitur pengaturan (setting) pada Aplikasi.
4. Pengguna dapat menarik diri (opt-out) dari informasi atau notifikasi berupa buletin, ulasan, diskusi produk dan layanan, pesan pribadi, atau pesan pribadi dari Admin yang dikirimkan oleh Skorku melalui fitur pengaturan pada Aplikasi. Skorku tetap dapat mengirimkan pesan atau email berupa keterangan transaksi atau informasi terkait akun Pengguna.
5. Sepanjang tidak bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Pengguna dapat menghubungi Skorku untuk melakukan penarikan persetujuan terhadap perolehan, pengumpulan, penyimpanan, pengelolaan dan penggunaan data Pengguna. Apabila terjadi demikian maka Pengguna memahami konsekuensi bahwa Pengguna tidak dapat menggunakan layanan Aplikasi maupun layanan Skorku lainnya.
 
F. Keamanan, Penyimpanan dan Penghapusan Data Pribadi Pengguna


1. Skorku melindungi setiap data pribadi Pengguna yang disimpan dalam sistemnya, serta melindungi data tersebut dari akses, penggunaan, modifikasi, pengambilan dan/atau pengungkapan tidak sah dengan menggunakan sejumlah tindakan dan prosedur keamanan, termasuk kata sandi dan kode OTP (One Time Password) Pengguna.
2. Data pribadi Pengguna juga dapat disimpan atau diproses di luar negeri oleh pihak yang bekerja untuk Skorku di negara lain, atau oleh penyedia layanan pihak ketiga, vendor, pemasok, mitra, kontraktor, atau afiliasi Skorku. Dalam hal tersebut, Skorku akan memastikan bahwa data pribadi tersebut tetap terlindungi sesuai dengan komitmen Skorku dalam Kebijakan Privasi ini.
3. Walaupun Skorku telah menggunakan upaya terbaiknya untuk mengamankan dan melindungi data pribadi Pengguna, perlu diketahui bahwa pengiriman data melalui internet tidak pernah sepenuhnya aman. Dengan demikian, Skorku tidak dapat menjamin sepenuhnya keamanan data yang disediakan atau dikirimkan kepada Skorku oleh Pengguna dan pemberian informasi oleh Pengguna merupakan risiko yang ditanggung oleh Pengguna sendiri.
4. Skorku akan menghapus dan/atau menganonimkan data pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Skorku apabila (i) data pribadi Pengguna tidak lagi diperlukan untuk memenuhi tujuan dari pengumpulannya; dan (ii) penyimpanan tidak lagi diperlukan untuk tujuan kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
5. Mohon diperhatikan bahwa masih ada kemungkinan bahwa beberapa data pribadi Pengguna disimpan oleh pihak lain, termasuk instansi penyelenggara negara yang berwenang. Dalam hal kami membagikan data pribadi Pengguna kepada instansi penyelenggara negara yang berwenang dan/atau instansi lainnya yang dapat ditunjuk oleh pemerintah atau memiliki kerja sama dengan Skorku, Pengguna menyetujui dan mengakui bahwa penyimpanan data pribadi Pengguna oleh instansi tersebut akan mengikuti kebijakan penyimpanan data masing-masing instansi tersebut.
 
G. Akses dan Perbaikan Data Pribadi Pengguna atau Penarikan Kembali Persetujuan

1. Skorku mengambil langkah-langkah yang wajar untuk memastikan bahwa data pribadi Pengguna diproses secara akurat dan lengkap. Namun demikian, penting bagi Pengguna untuk memberitahu Skorku secara tepat waktu tentang segala perubahan pada data pribadi Pengguna atau jika ada kesalahan dalam data pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Skorku.
2. Pengguna berhak untuk mengakses atau mengoreksi data pribadi Pengguna yang berada di bawah kendali Skorku melalui layanan pelanggan (customer service) Skorku yang tersedia dalam Kebijakan Privasi ini. Namun demikian, permohonan tersebut hanya akan diproses oleh Skorku apabila Pengguna telah menyerahkan bukti identitas yang memadai untuk melakukan akses atau koreksi terhadap data tersebut. Skorku berhak menolak permohonan untuk mengakses, atau untuk memperbaiki, sebagian atau semua data pribadi Pengguna yang Skorku miliki atau kuasai jika diizinkan atau diperlukan berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini termasuk dalam keadaan di mana data pribadi tersebut dapat berisi referensi kepada orang lain atau di mana permintaan untuk akses atau permintaan untuk mengoreksi adalah untuk alasan yang Skorku anggap tidak relevan, tidak serius, atau menyulitkan.
3. Skorku dapat membebankan biaya administrasi kepada Pengguna untuk menangani permintaan Pengguna untuk mengakses atau mengoreksi data pribadi Pengguna.
4. Pengguna dapat menarik persetujuan yang telah Pengguna berikan terkait dengan pemrosesan data pribadi Pengguna yang ada di bawah kendali Skorku dengan mengirimkan permintaan tersebut melalui layanan pelanggan Skorku yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini. Skorku akan memproses permintaan Pengguna dalam kurun waktu yang wajar sejak permintaan penarikan persetujuan tersebut disampaikan, dan selanjutnya tidak memproses data pribadi Pengguna sesuai dengan permintaan awal Pengguna, kecuali diwajibkan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam hal terdapat penarikan persetujuan, Skorku mungkin tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya berdasarkan setiap perjanjian antara Pengguna dengan Skorku. Sehubungan dengan hal tersebut, terdapat juga kemungkinan bahwa dikarenakan Skorku tidak dapat melaksanakan kewajiban-kewajibannya oleh karena Pengguna menarik persetujuannya, setiap hubungan hukum antara Pengguna dan Skorku menjadi berakhir dan tidak dapat dilanjutkan.
 
H. Pengaduan terkait Perlindungan Data Pengguna


1. Jika Pengguna memiliki kekhawatiran tentang penanganan atau perlakuan Skorku terhadap data pribadi Pengguna atau jika Pengguna yakin bahwa privasinya telah dilanggar, Pengguna dapat menghubungi Skorku melalui layanan pelanggan (customer service) Skorku atau kepada kontak Skorku yang tercantum dalam Kebijakan Privasi ini dengan menjelaskan identitas dan sifat keluhan Pengguna.
2. Skorku akan menyelidiki keluhan Pengguna dan berupaya untuk memberikan tanggapan terhadap keluhan tersebut dalam kurun waktu yang wajar setelah menerima keluhan yang disampaikan oleh Pengguna.
 
I. Hubungi Kami


Dalam hal Pengguna memiliki pertanyaan, komentar, keluhan, atau klaim mengenai Kebijakan Privasi ini atau Pengguna ingin mendapatkan akses dan/atau melakukan koreksi terhadap data pribadi miliknya, silakan hubungi layanan pelanggan Skorku melalui laman https://www.Skorku.com/help.
 
J. Penyimpanan dan Penghapusan Informasi


Skorku akan menyimpan informasi selama akun Pengguna tetap aktif dan dapat melakukan penghapusan sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan yang berlaku.
 
K. Pembaruan Kebijakan Privasi


Skorku dapat sewaktu-waktu melakukan perubahan atau pembaruan terhadap Kebijakan Privasi ini. Skorku menyarankan agar Pengguna membaca secara seksama dan memeriksa halaman Kebijakan Privasi ini dari waktu ke waktu untuk mengetahui perubahan apapun. Dengan tetap mengakses dan menggunakan layanan Aplikasi maupun layanan Skorku lainnya, maka Pengguna dianggap menyetujui perubahan-perubahan dalam Kebijakan Privasi.